+ -

Pages

Wednesday 22 May 2013

Kebiasaan yang dilakukan sehari-hari

Banyak orang melakukan hal-hal yang tidak mereka sadari bahwa hal tersebut bukanlah hal yang seharusnya mereka lakukan. Bahkan, hal tersebut terkadang malah membahayakan kesehatan mereka. Apakah Anda ingin tahu apa saja hal-hal tersebut?
Simak 3 kebiasaan yang dapat membahayakan kesehatan berikut ini.



1. Menggaruk.
 Kegiatan yang satu ini sudah sangat lazim dilakukan oleh makhluk hidup (manusia dan hewan). Terkadang, jika tidak melakukan hal satu ini, akan timbul perasaan gelisah dan resah. Hehe... Padahal faktanya yang tidak diketahui dan diketahui namun beberapa orang menutup mata, justru menimbulkan suatu tertentu untuk kesehatan.
Kegiatan menggaruk dapat mengikis lapisan paling atas kulit, yaitu epidermis.
Yang benar adalah usap dengan lembut kulit kepala, jangan memakai kuku-kuku pada tangan. Keramas dua kali seminggu untuk menghindari menumpuknya kotoran di kulit kepala.

2. Minum di tengah-tengah makan. 
Hal ini sangat biasa kita lakukan sehari-hari padahal dapat menggangu kesehatan lambung dan sistem pencernaan Anda. Ketika dua hal tersebut Anda lakukan secara bersama-sama, maka yang akan diserap oleh dinding usus lambung adalah minuman yang baru saja Anda minum. Penyerapan tersebut akan terus erlanjut sampai hormon-hormon pencernaan dilepaskan untuk mencerna makanan. Tapi karena hormon tersebut telah bercampur dengan air, konsentrasi dari hormon menjadi lebih rendah dari makanan sehingga sedikit sulit untuk mencerna makanan dengan sempurna. Hal ini mengakibatkan makanan yang belum terserna dapat masuk ke dalam sistem bersamaan dengan terserapnya makanan melalui didnding perut. Kondisi ini dapat menyebabkan refluks asam dan heartburn.

3. Mendengkur.
 Banyak orang mengira mendengkur terjadi sebagai pertanda bahwa orang tersebut mendengkur karena tertidur pulas. Namun faktanya adalah mendengkur terjadi karena otot di langit-langit mulut, lidah dan tenggorokan berelaksasi ketika kita tidur. Hal ini menyebabkan jalan napas menjadi terhambat dan bergetar sehingga menimbulkan suara dengkuran. Dengkuran yang hanya terjadi sekali ketika kita tertidur, masih bisa dibilang normal. Namun ketika terjadi berkali-kali, baru berada diambang bahaya. Karena mendengur secara terus menerus dapat mengganggu pernapasan dan bisa menyebabkan kita berhenti bernapas suatu saat nanti.
Nah, sekian sharing mengenai kebiasaan yang dilakukan sehari-hari namun dapat membahayakan kesehatan kita. Semoga bermanfaat.
5 Catatanku: Kebiasaan yang dilakukan sehari-hari Banyak orang melakukan hal-hal yang tidak mereka sadari bahwa hal tersebut bukanlah hal yang seharusnya mereka lakukan. Bahkan, hal tersebu...

No comments:

Post a Comment

< >

Novi FZ

photo
Novi Fairuz Zuhria
Internet Club
Jl Madrasah RT01/RW03
Cepiring Kendal 51352
08999226457